Penderitaan,Jenis dan Manfaat nya

Adithya Frachmansyah
Universitas Gunadarma
Ahmad Nasher


Setiap individu yang ada di dunia ini pastilah pernah mengalami penderitaan, Derita artinya menanggung atau merasakan susuatu yang tidak menyenangkan Penderitaan dapat dibagi menjadi dua kategori yakni, Derita lahir dan derita batin,jenis dari penderitaan ini ada yang berat maupun ringan, tapi jenis ini tergantung kepada individu masing masing bagaimana cara memangdangnnya karena belum tentu sesuatu yang dianggap penderitaan oleh seseorang dianggap penderitaan oleh orang lain. Setiap individu pastilah pernah yang mengalami kebahagian dan penderitaan karena hidup ini seperti roda berputar yang kadangkala kita berada diatas dan kadang kita ada dibawah, Tuhan memberikan kebahagian dan penderitaan pasti memiliki maksud dan tujuan agar kita selalu ingat kepada-NYA .

Tuhan memberikan penderitaan kepada seseorang itu karena Tuhan sayang kepada kita, sayang dalam artiaan Tuhan ingin menguji kita sebelum mengangkat kita ke derajat yang lebih tinggi, Tuhan memberikan penderitaan kepada seseorang pastilah dapat diatasi oleh orang tersebut Tuhan tidak pernah memberikan apa yang di luar kuasa umatnya ,setiap penderitaan yang diberikan Tuhan kepada kita pasti Tuhan telah menyediakan kebahagian di Akhirnya tentu saja itu bergantung pada apa yang kita lakukan untuk mencapai titik kebahagiaan itu .
bagi seseorang yang kuat imannya tentu akan senantiasa mensyukuri apa yang telah Tuhan berikan baik kebahagiaan maupun penderitaan dalam surat al- insyirah :
“Setelah ada kesulitan pasti ada kemudahan” di sini kita harus selalu percaya bahwa Setelah adanya penderitaan – penderitaan yang kita alami pasti ada kemudahan yang akan kita lalui karena Tuhan tidak pernah memberikan cobaan melebihi batas kemampuan umatnya.

Bentuk atau Jenis – Jenis Penderitaan

Bentuk penderitaan dapat bermacam macam yang perama dapat berupa siksaan, siksaan dapat berupa siksaan fisik maupun siksaan batin , telah banyak diberitakan di media massa saat ini mengenain penyiksaan fisik berupa perampokan , pemerkosaan adapun siksaan yang bersifat psikis seperti kebimbangan ketakutan dan kesepian hal seperti ini pastilah pernah kita hadapi dalam kehidupan kita , kebimbangan muncul ketika seseorang dihadapi dengan situasi ketika ia harus memutuskan sesuatu dan ia tidak dapat memutuskannya, kebimbangan yang terus-menerus akan menjadi penderitaan batin bagi seseorang ,Kesepian dialami oleh seseorang merupakan rasa sepi dalam dirinya atau jiwanya, walaupun ia dalam lingkungan orang ramai untuk mengatasi rasa kesepian ini seseorang harus mencari seseorang untuk memecah rasa sepi dihatinya karena bagaimanapun manusia merupan makhluk sosial yang membutuhkan orang lain Penderitaan batin dalam ilmu psikologi dikenal sebagai kekalutan mental.

Secara lebih sederhana kekalutan mental dapat dirumuskan sebagai gangguan kejiwaan akibat ketidak mampuan seseorang menghadapi persoalan yang harus diatasi sehingga yang bersangkutan bertingkah secara kurang wajar. Gejala – gejala permulaan bagi seseorang yang mengalami kekalutan mental adalah :
Tampak pada jasmani yang sering merasakan pusing, sesak napas, demam, nyeri pada lambung.
Tampak pada kejiwaannya dengan rasa cemas, ketakutan, patah hati, apatis, cemburu, mudah               marah.

Sebab – sebab timbulnya kekalutan mental, dapat banyak disebutkan antara lain sebagai berikut :

Kepribadian yang lemah akibat kondisi jasmani atau mental yang kurang sempurna. Hal – hal tersebut sering menyebabkan yang bersangkutan merasa rendah diri yang secara berangsur – angsur akan menyudutkan kedudukannya dan menghancurkan mentalnya. Terjadinya konflik sosial budaya akibat norma berbeda antara yang bersangkutan denga apa yang ada dalam masyarakat.

Cara pematangan batin yang salah dengan memberikan reaksi yang berlebihan terhadap kehidupan sosial, over acting sebagai over compensatie.

Berikut adalah Manafaat dari penderitaan :

1. Ujian Tuhan Agar Kita Bersabar
Apapun yang terjadi dalam kehidupan kita adalah ujian dari Tuhan, baik kebahagiaan maupun penderitaan. Tuhan menguji apakah kita mau bersyukur ketika dalam keadaan bahagia ataukah kita mau bersabar ketika dalam sebuah penderitaan. Percayalah, Tuhan tidak pernah membebani dan menguji di luar batas kemampuan hamba-Nya
Jika kita bisa menjalani ujian tersebut dengan baik maka Tuhan pasti akan memberikan balasan kebaikan yang tidak disangka-sangka atas ujian yang telah kita lalui. Tuhan selalu memilki cara misterius yang tidak kita sadari, dan percayalah bahwa pasti ada hikmah atas apa yang telah kita alami. Baca juga Tuhan Mengajarkan Kita Dengan Cara Yang Misterius.

2. Penderitaan Adalah Cara Tuhan Agar Kita Ingat dan Bersandar Kepada-Nya
Penderitaan tentu mengukir luka dalam di hati, tidak jarang banyak orang berputus asa, menyerah, berprasangka buruk kepada Tuhan, melalui jalan pintas untuk mengakhiri penderitaan seperti bunuh diri, dan lainnya. Semua itu adalah langkah bodoh yang tentu merugikan diri kita sendiri
Ya, kita menderita bukannya Tuhan tidak menyayangi kita, tetapi justru itu adalah cara Tuhan untuk menyayangi agar kita lebih mengingat dan bersandar kepada-Nya. Anda bisa membayangkan bahwa ketika kita menderita, maka kita akan lebih banyak mengeluh kepada Tuhan. Ini adalah cara Tuhan agar kita bisa mengingat-Nya kembali dan bersandar, baca juga 5 Cara Tuhan Menyayangi Anda.

3. Penderitaan Mengajarkan Kita Untuk Berpikir Lebih Bijaksana
Penderitaan bukanlah hal yang harus diatasi melalui jalan pintas seperti bunuh diri atau melakukan hal buruk lainnya. Kita hanya perlu lebih berusaha dan berdoa karena pasti ada jalan atas semua masalah dan penderitaan yang kita alami. Penderitaan menuntut kita untuk berpikir bijaksana dalam menyelesaikan masalah dengan baik, bukan sebaliknya.

4. Penderitaan Adalah Pelajaran dan Pengalaman Yang Berharga
Anda tentu pernah mengalami masa-masa menderita dalam hidup ini, ya kita semua, tetapi penderitaan itu bukanlah untuk disesali. Penderitaan yang telah kita alami adalah pelajaran dan juga pengalaman yang sangat berharga untuk menuai kebahagiaan di hari esok. Faktanya, banyak orang yang bahagia dan sukses karena bercermin dari penderitaan dan menjadikannya sebagai pelajaran yang tidak pernah dilupakan.

5. Penderitaan Mengajarkan Kita Untuk Mengenal Perasaan Orang Lain
Penderitaan timbul karena banyaknya masalah yang datang, tetapi pada saat itu kita akan bisa lebih mengenal diri kita, bagaimana rasanya menderita dan bagaimana rasanya bahagia. Jika kita mampu berpikir bijaksana dan menjadikan penderitaan sebagai pelajaran, maka dari situlah kita juga bisa mengenal perasaan orang lain saat mereka bahagia dan menderita. Dan tentu kita bisa merasakan penderitaan orang lain karena kita juga pernah menderita.

6. Penderitaan Mengajarkan Kita Untuk Peduli Kepada Orang Lain
Atas dasar kita bisa mengenal orang lain melalui penderitaan, maka rasa kasihan pun akan timbul saat kita melihat orang lain menderita, sama seperti yang pernah kita rasakan, sehingga hati terdorong untuk peduli dan membantu mereka.
Hidup dalam penderitan seperti hidup dalam siksaan, tentu kita tidak ingin melihat orang mengalami hal yang juga pernah kita alami. Jadi, sangat beruntung bagi orang yang bisa bercermin dari penderitaan yang ia alami dan mau peduli kepada orang lain.

7. Bersyukur Atas Kebahagiaan Setelah Penderitaan
Jika kita menuai kebahagiaan setelah menjalani penderitaan, tentu rasanya sangat nikmat, bagaikan terbebas dari belenggu yang menjerat. Seperti yang sudah saya ulas di atas bahwa hidup adalah ujian, maka wajib bagi kita untuk bersyukur kepada Tuhan atas segala pembebasan yang Ia berikan.
“Kesedihan berlipat saat kehilangan kebahagiaan adalah untuk mengingat kembali kebahagiaan di dalam kesakitan” dikutip dari sebuah anime berjudul Guilty Crown (2011). Kalimat bertanda kutip tersebut sangat cocok untuk point ke tujuh ini. Ya, mengenang kembali penderitaan yang telah dilalui merupakan kebahagiaan yang wajib disyukuri.

Kesimpulan :

Penderitaan merupakan sebuah hal yang tidak luput dari kehidupan manusia. Karena penderitaan bisa memberikan sebuah pelajaran agar hidupnya menjadi lebih baik dengan dia tidak melalukan kembali hal yang di lakukan sehingga terjadi penderitaan. Sebaliknya, untuk sebagian orang penderitaan akan membuat orang tersebut menjadi depresi sehingga menjalani kehidupannya dengan penderitaan tersebut. Untuk itu Kita manusia di ciptakan dengan akal dan kesabaran. Kesabaran inilah yang nantinya berguna untuk menghilangkan depresi yang ada.

Penderitaan Pun mempunyai banyak manfaat Yang setidaknya membuat kita terus mengingat kepada Tuhan Yang Maha esa . Tingkat kan iman dan takwa kita , agar senantiasa di lindungi dari segala bentuk cobaan ,dan di berikan Kesabaran .

Sumber:

Komentar

Postingan Populer