TREND SI / TI SAAT INI

BAB 4 TREND SIS / TI SAAT INI


4.1 TREND PRODUK PERBANKAN


. Trend Produk perbangkan





Semakin majunya teknologi di dunia transaksi perbankanpun mulai mengunakan teknologi berbasis komputer untuk mempermudah transaksi dengan nasabah. yang tadinya melayani nasabah dengan harus bertemu / nasabah datang ke cabang2 bank yang disediakan oleh bank yang dia gunakan untuk menabung/infertasi menjadi lebih mudah karena bank mulai mengunakan teknoligi berbasis komputer dan sekarang sudah bisa mengakses lewat internet bahkan dengan mobile “HP” dengan SMS sudah banyak diterapkan bank.


Trend Produk Sistem Informasi Perbankan
Saat ini bank ritel di Indonesia memiliki produk dan layanan:


1.Tabungan
2.Deposito
3.Giro
4.Kartu Debit
5.Kartu Kredit


Trend Transaksi




Jenis transaski sudah beragam baik menggunakan Kartu Debit, Kartu Kredit yang memanfaatkan jaringan ATM atau Debit Access Transaction umumnya di Cashier yang berlokasi di gerai, outlet tempat-tempat perbelanjaan.
Sebagai gambaran BCA dengan 750 kantor online-nya, dilengkapi 2.100 ATM yang mempunyai fungsionalitas memadai, dapat menghandle dengan baik 8,2 juta nasabahnya.
Dengan jumlah transaksi per hari 2,4 juta. Dari jumlah transksi tersebut rata-rata 821.000 transaski dilakukan melalui ATM, dengan kata lain tingkat pemakaian ATM-nya sebesar 3,9 kali. Sedangkan
transaksi lainnya yang sudah lazim dilakukan meliputi:


1.Mengecek saldo
2.Fasilitas Pembayaran: Pemindahbukuan dan Penarikan Tunai
3.Fasilitas untuk menerima Pembayaran (speed collect)
4.Pembukaan dan pengecekan L/C
5.Layanan On Line Banking


Seperti ungkapan futurolog teknologi Nicholas Negroponte; bahwa dunia makin lama makin digital. Hal ini ditengarai oleh pesatnya perkembangan transaksi bisnis dan kegiatan non-bisnis yang makin beralih ke pemanfaatan komputer on-line.
Dipicu oleh perkembangan Internet, makin meningkatnya kemampuan hardware dan software dengan kecepatan tinggi dan penyebaran komputer, makin menyadarkan nasabah bank akan berbagai kemudahan yang didapatkan dengan ketersediaan layanan On-line banking.
Saat ini standar layanan ritel banking kelas dunia seperti Chase Manhattan Bank, Bank Of America (BOA) bagi nasabahnya bukan saja menyediakan transakasi real-time, namun banyak lagi produk layanan berbasis on-line seperti:


1.Packet S/W (Windows) gratis dan tak terbatas sebagai antisipasi memenangkan persaingan teller-less.
2.Packet software keuangan (Quicken, MoneyOne, BankNow)
3.Packet Entreprise Resourches Planning (ERP software) yang tentunya sangat dibutuhkan dalam mengelola bisnisnya.
4.B. E-commerce . E-goverment, dan E-resorce

E-commerce




E-commerce merupakan media elektronik yang dapat membantu para pelaku bisnis.Bentuk kategori aplikasi e-commerce yang umumnya digunakan menurut McLeod dan Shell(2008), David Whiteley(2000) ialah e-commerce business-to-consumer (B2C) dan e-commerce business-to-business (B2B). Sedangkan pendapat James A. O’Brien menambahkan satu kategori lain yakni e-commerce consumer-to-consumer (C2C).




E-Government



E-Government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara Pemerintah dan pihak-pihak lain. Penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru, seperti : G2C (Government to Citizen), GSB (Government to Business Enterprises) dan G2G (Government to Government – inter agency relationship).
Tingkatan E-Government menurut Inpres 3/2003 –
· Tingkat 1 : Persiapan, meliputi pembuatan situs informasi di setiap lembaga, penyiapan SDM, penyiapan sarana akses yang mudah, misalnya Warnet dll –
· Tingkat 2 : Pematangan, meliputi pembuatan situs informasi public interaktif dan pembuatan antar muka keterhubungan dengan lembaga lain –
· Tingkat 3 : Pemantapan, meliputi pembuatan situs transaksi pelayanan public dan pembuatan interoperabilitas aplikasi dan data dengan lembaga lain 2 –
· Tingkat 4 : Pemanfaatan, meliputi pembuatan aplikasi untuk pelayanan yang bersifat G2G (interagency relationship), G2B (Government to Business) dan G2C (Government to Citizen) yang terintegrasi.




E-Resources


E-resources adalah sebuah konsep penggunaan TI dibidang buku online / Perpustakaan Online. E-resources ini terdapat banyak buku-buku yang bersifat online yang dapat di akses secara gratis. Didalam e-resources ini juga terdapat jurnal penelitian-peneltian.


Manfaat E-Resources
1.Dapat mengakses / membaca buku secara gratis
2.Paperless
3.Sumber Referensi
4.Menambah Wawasan
5.Kerugian E-Resources
6.Membutuhkan server yang kuat, sehingga tidak gampang down
7.Membutuhkan tenaga ahli untuk memaintenance websitenya

4.3 SOCIAL MEDIA

Instagram adalah sebuah aplikasi sosial media berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, dirancang oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger (Burbn, Inc) dan dirilis pertama kali pada tanggal 6 Oktober 2010 serta dikembangkan oleh Facebook. Menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang umum digunakan oleh kamera pada peranti bergerak.



Instagram dapat digunakan di iPhone, iPad atau iPod Touch versi apapun dengan sistem operasi iOS 7.0 atau yang terbaru, telepon genggam Android apapun dengan sistem operasi versi 2.2 (Froyo) ke atas, dan Windows Phone 8. Aplikasi ini dapat diunggah melalui Apple App Store dan Google Play.

Pada tanggal 9 April 2012, diumumkan bahwa Facebook setuju mengambil alih Instagram dengan nilai sekitar $1 miliar.

Komentar

Postingan Populer